Cerita sufi dan Step 3 Narcotic Anonymous (NA).

Cerita sufi dan Step 3 Narcotic Anonymous (NA).

NA WAY 49193_5534T

Cerita sufi : Pada suatu ketika, seorang selagi mengemudikan mobilnya terguling ke jurang yang dalam. Dia terlontar keluar dan nyangkut di sebuah ranting di pinggir tebing. Ke bawah dilihatnya masih jauh dan dalam. Ke atas tinggi sekali tak mungkin diraih. Maka bisa ditebak, dia pun berdoalah : ” Oh Tuhan, tolong selamatkan aku”. Tuhanpun menjawab; ” Ya hambaku, tentu Aku akan menolongmu, tapi dengan satu syarat”. “Apa syaratnya ya Tuhanku ?”, tanyanya penuh harap. Tuhan menjawab: “Lepaskan tanganmu dari ranting itu” ! …..Jawaban yang mengejutkan !…Kalau ini terjadi pada Anda, apakah Anda akan melepaskan ranting itu dari genggaman Anda ?

Step 3 NA : We will turn our will and life over to the care of God as we understood God. ( Terjemahan bebas; Kita akan menyerahkan seluruh kehendak dan hidup kita pada kasih Tuhan sebagaimana kita mengerti Tuhan).

Bagi pecandu members NA, pertanyaan terkaitĀ  cerita sufi di atas, tentu Step 3 NA di atas adalah jawabannya, artinya dia akan melepaskan ranting itu. Bukankan selama ini dia telah bergelantung pada “ranting-ranting” yang telah membuat dia menderita. “Ranting-ranting” rapuh yang membuat dia jauh dari “Higher Power” karena dia tidak pernah “surrender”.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.