“Tough love” atau Cinta tegas sikap sehat Keluarga/Ortu pecandu, bukan kodependensi.

“Tough love” atau Cinta tegas sikap sehat Keluarga/Ortu pecandu, bukan kodependensi.

Kodependensi /”codependency”pada keluarga/ortu pecandu narkoba  adalah kondisi psikologis yang tidak sehat yang tampak dari suatu hubungan dimana keluarga/ortu dikendalikan, diatur atau dimanipulasi oleh seorang pecandu narkoba.

Dalam kondisi kodependensi, keluarga/ortu menempatkan prioritas kebutuhan mereka dibawah kebutuhan anaknya yang pecandu.

Biasanya kodependensi terjadi akibat adanya denial, rasa harga diri/self esteem yang rendah atau adanya pola ingin mengendalikan yang berlebihan. Artinya keluarga pecandu tidak menerima anaknya adalah seorang pecandu dan selalu memenuhi apa tuntutan anaknya dan dimanipulasi. Selalu “membela”anaknya.

 Kelemahan ini semakin dimanfaatkan anaknya sehingga orang tua tidak pernah membuat anaknya bertanggung jawab terhadap perbuatannya. Apapun yang diminta diikuti, bahkan ketika meminta uang untuk membeli narkoba ! Kalau anaknya ditegur disekolah, keluarga/ortu malah balik menyalahkan sekolah atau memindahkan anaknya kesekolah lain. Kalau dia dikejar-kejar bandar narkoba karena belum bayar hutang, ortu segera membela dengan membayarkannya. Kalau anaknya berurusan dengan penegak hukum, ortu tidak segan-segan memberi uang sogokan demi “kasihan” dengan anaknya.

Kodependensi ini adalah penyakit yang juga harus diterapi, disamping terapi bagi pecandu itu sendiri. Bisa secara individual oleh seorang terapis adiksi atau secara kelompok melalui aktivitas dalam pertemuan-pertemuan Family Support Group (FSG). Di Bandung ada FSG Pakta, di Jakarta ada Keluarga Pengasih Indonesia, atau pertemuan FSG yang diadakan oleh tempat-tempat rehabilitasi pecandu narkoba.

Timbul pertanyaan, kalau begitu sikap orang tua yang sehat bagaimana ? Jawabannya adalah “Tough Love”, atau Cita tegas. Dimana intinya keluarga/orang tua meletakkan tanggung jawab atas perbuatan anak pada anak itu sendiri.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.